Memilih Biji Kopi Yang Berkualitas, Sebelum Diolah

Penjual kopi dapat dengan mudah kita temui, baik secara online maupun offline. Banyak penikmat kopi yang lebih memilih membeli biji kopi daripada kopi yang diserbuk. Penjual kopi bukan hanya menjual kopi dalam bentuk bubuk, banyak dari mereka yang menjual biji kopi.

Membeli kopi dalam bentuk biji akan memberikan manfaat seperti citarasa dan aroma dalam biji kopi dapat dipertahankan hingga tiba waktunya untuk menyeduh kopi tersebut. Walaupun terkesan merepotkan, mengolah biji kopi hingga menjadi secangkir kopi memberikan sensasi kenikmatan yang tiada tara.

Tips memilih biji kopi berkualitas

Mengetahui tanggal sangrai

Saat membeli biji, pastikan bahwa anda harus mengetahui kapan biji kopi disangrai, lihat tanggal sangrainya yang terlampir pada kemasan informasi tanggal. Pilihlah tanggal yang paling dekat dengan tanggal anda membelinya, sehingga anda akan mendapatkan kopi yang masih segar. Kualitas kopi yang masih segar sangatlah bagus. Karena kopi masih memiliki rasa nikmat dan aroma yang begitu kuat.

Mencium aroma biji kopi

Biji kopi yang berkualitas mengeluarkan aroma khas yang semerbak, anda dapat mencium aroma biji kopi yang anda beli dari penjual kopi. Sehingga anda dapat mengetahui apakah biji kopi tersebut memiliki kualitas yang baik atau biasa-biasa saja. Semakin kuat aroma biji kopi yang tercium, maka biji kopi tersebut akan semakin berkualitas. Jika tak tercium aroma wangi yang khas, maka kualitas biji kopi rendah.

Membeli dalam jumlah sedikit dahulu

Jika anda menemukan jenis atau varietas kopi yang baru pertama kali anda temui, sebaiknya anda membeli dalam jumlah kecil terlebih dahulu. Karena anda tidak tahu bagaimana rasa biji kopi tersebut, daripada kecewa karena ternyata tidak cocok dengan selera anda, lebih baik membeli dalam jumlah yang kecil dahulu.

Jika beruntung Anda bisa mendapatkan sample kopi secara cuma-cuma, apabila sudah merasa cocok dengan biji kopi tersebut, maka anda dapat membeli dalam jumlah banyak atau sesuai dengan yang anda inginkan.

Pahami Kualitas Biji Kopi

Masing-masing biji kopi memiliki karakteristik yang berbeda, padahal ada banyak sekali jenis biji kopi yang ada di pasaran. Sebelum anda membeli biji kopi tersebut, anda harus tahu tentang keunggulan, harga, dan kualitasnya. Selain itu anda perlu mencermati testimoni dari para penikmat lain yang sudah mencicipi kopi tersebut.

Agar anda dapat membedakan kualitas biji kopi yang berkualitas dan tidak, sebaiknya anda mencari banyak referensi. Carilah rekomendasi dari teman atau saudara yang sudah mencoba kopi atau rekomendasi dari agen kopi terbaik. Anda dapat bertanya di grup online sesama pecinta kopi, serta anda dapat bertanya ke para ahli.

Lakukan Eksperimen dengan Biji Kopi Lain

Walaupun anda sudah menyukai biji kopi tertentu dan menjadi selera anda, sangat disarankan untuk mencoba biji kopi dengan jenis yang berbeda. Selain dapat menambah pengetahuan, hal ini akan membuat anda lebih peka untuk dapat membedakan kopi mana yang berkualitas bagus dan biji kopi mana yang memiliki kualitas biasa-biasa saja.

Saat anda ingin membeli kopi dari agen penjual yang menawarkan produk mereka, maka seduhlah kopi tanpa menggunakan gula atau pemanis lainnya. Rasakan kopi yang dihasilkan tanpa tambahan gula sama sekali untuk menilai kualitasnya, Anda juga bisa membandingkannya dengan sensasi kopi yang lain.

Kualitas kopi arabika dan robusta

Warna biji

Kopi Arabika yang baik adalah yang berwarna abu-abu kebiruan. Kopi Robusta yang bagus yaitu berwarna kuning kehijauan. Hindari kopi yang permukaanya berjamur, warna tidak merata, bertutul-tutul. Kopi robusta yang telah disangrai akan terlihat celah putih di bagian tengahnya, jika tidak terlihat kulit arinya yang putih maka kopi tidak begitu bagus.

Bentuk kopi

Pilihlah biji kopi yang masih utuh, berukuran besar, dan tidak berlubang. Genggam biji kopi dan angkat-angkat seperti menimbang biji kopi manakah yang lebih mantap, untuk mengindari biji yang kosong atau menggabus.

Aroma kopi

Aroma kopi arabika saat disangrai akan mengeluarkan bau yang asam manis, wangi buah atau bunga, dan kadang-kadang pedas.  Aroma kopi arabika yang kurang baik saat disangrai akan berbau seperti jagung, kulit kopi, atau bau kayu begitu juga saat digiling.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *